Cara mudah memahami menu pengaturan kamera DSLR

Buat kalian yang lagi belajar fotografi dan masih kesulitan dalam memahami menu pengaturan di kamera DSLR kalian bisa menyimak cara mudah memahami menu pengaturan kamera DSLR berikut ini.

Setiap kamera DSLR memiliki menu pengaturan untuk memudahkan pengguna dalam memotret si segala situasi. Buat kalian yang masih belajar fotografi mungkin selama ini kalian menggunakan menu Auto (simbol A) yang ada di kamera kalian. Nah, baiknya kalian juga memahami menu pengaturan lainnya yang ada di kamera DSLR kalian. Biar skill dan kreatifitas kalian bisa bertambah dan bisa menghasilkan foto yang menarik.


Menu pengaturan kamera DSLR

Auto

Menu auto ini biasanya dilambangkan dengan huruf "A" atau tulisan "Auto". Menu ini berfungsi untuk membuat pengaturan kamera menjadi otomatis. Pengaturan exposure akan dikerjakan sepenuhnya oleh kamera. Kamera akan menghitung nilai ISO, Shutter Speed, dan Aperture secara otomatis sesuai dengan kondisi cahaya. Biasanya pemula akan lebih mudah menggunakan kamera DSLR jika menggunakan menu auto ini. Tapi tidak ada salahnya kalian mencoba mengeksplorasi untuk memahami menu pengaturan kamera DSLR lainnya.

Manual

Menu pengaturan Manual biasanya dilambangkan dengan huruf "M". Ketika kalian menggunakan fitur manual ini, maka seluruh pengaturan exposure baik itu ISO, Shutter Speed, dan Aperture harus kalian tentukan sendiri untuk mendapatkan exposure yang pas. Untuk memudahkan menggunakan menu Manual ini kalian bisa menggunakan metering yang ada di viewfinder kamera DSLR kalian. Metering ini biasanya di gambarkan dengan garis exposure dengan parammeter + dan -. Usahakan posisi exposure berada tepat di tengah antara tanda + dan - tersebut. Dengan menggunakan manual ini kalian bisa belajar menentukan exposure dan tingkat Deep of Field (ruang tajam) untuk hasil foto kalian. Cobain deh, its no so hard...yang penting sering latihan ya.

Shutter Priority

Shutter priority biasanya digambarkan dengan huruf S (Canon) atau Tv (Nikon). Ketika kalian memilih menu ini maka kalian harus menentukan nilai shutter speed secara manual. Sedangkan ISO dan Aperture akan di tentukan nilainya secara otomatis oleh kamera.

Aperture Priority

Untuk lambang menu aperture priority biasanya dilambangkan dengan huruf "A" (Canon) dan "Av" (Nikon). Nah untuk menu aperture priority ini kalian harus menentukan nilai aperturenya secara manual. Aperture dilambangakan dengan huruf F atau biasa disebut dengan Diafragma/bukaan. Untuk nilai ISO dan shutter speed akan diseimbangkan secara otomatis oleh kamera.

Program

Menu program ini dilambangkan dengan huruf "P". Di menu program ini makan kalian harus menentukan nilai ISO nya secara manual. Sedangkan shutter speed dan aperture akan ditentukan secara otomatis oleh kamera.

Portrait

Pada menu portrait ini kamera akan memfokuskan titik tajam ke wajah dan memblurkan background atau latar belakang subjek tersbut. Sehingga di dapat nilai Deep of Field yang sempit. Kalo kalian motret wajah orang dari jarak dekat kalian bisa menggunakan menu portrait ini. Menu portrait ini biasanya dilambangkan dengan gambar wajah manusia di kamera.

Landscape

Menu pengaturan landscape membantu kalian kalo mau foto pemandangan. Jadi kamera akan membuat area tajam yang luas dan nilai aperture yang kecil. Sehingga dari ujung ke ujung bisa tajam hasilnya.

Sport

Menu sport biasanya dilambangkan dengan gambar orang lari. Pada menu sport ini kamera akan menentukan nilai shutter speed yang tinggi agar bisa membekukan subjek yang sedang bergerak. Cocok untuk sport fotografi.

Macro/ Close Up

Menu macro dilambangkan dengan gambar bunga. Cocok digunakan untuk memotret subjek yang kecil dari jarak dekat. Misalnya kalian foto bunga atau serangga. Dengan menu macro ini maka ruang tajam yang dihasilkan akan sempit, sehingga background akan terlihat blur.

Flash Off

Menu flash off berguna untuk mematikan fungsi flash ketika menggunakan mode auto. Biasanya dilambangkan dengan gambar petir di coret.

Memahami menu pengaturan kamera DSLR bisa membantu kalian menghasilkan foto yang menarik

Ya mungkin itu beberapa menu pengaturan kamera DSLR yang bisa kalian coba dan eksplorasi untuk menambah skill dan kreatifitas kalian dalam fotografi. Latihan menggunakan berbagai menu pengaturan yang ada di kamera DSLR akan membantu kalian menghasilkan foto yang menarik. Karena fotografi adalah seni, namun pengaturan dasar fotografi harus tetap bisa kalian kuasai. Mungkin itu yang bisa saya share kali ini, untuk info dan tips belajar fotografi lainnya bisa kalian kunjungi website belajar fotografi seperti ini.

0 Response to "Cara mudah memahami menu pengaturan kamera DSLR"

Posting Komentar

wdcfawqafwef